Butuh Ide Bisnis? Berikut 6 Bisnis Yang Bisa Menguntungkan Anda

Susahnya mencari pekerjaan membuat banyak orang berfikir untuk membuka bisnis yang menguntungkan. Bagi Anda yang baru saja lulus SMA namun tidak memiliki biaya untuk melanjutkan pendidikan, lebih baik untuk berwirausaha. Ada banyak usaha yang bisa dijalankan dengan mudah, dalam artian tidak memerlukan keahlian khusus. Sambil berjalan, Anda bisa belajar untuk memperbaiki kesalahan agar usaha bisa berkembang.

Untuk menjalankan usaha, Anda harus menghilangkan perasaan pesimis, malu dan sebagainya, terutama bagi yang pertama kali menjalankan usaha. Kali ini akan disajikan 6 bisnis yang bisa menguntungkan untuk Anda jalankan.

1. Warung Kopi

Usaha warung kopi sangat cocok untuk Anda yang suka nongkrong. Daripada melakukan kegiatan yang tidak penting, lebih baik untuk mencoba usaha ini. Tidak ada batasan waktu untuk membuka Warung Kopi, karena hampir setiap orang suka bersantai sembari menikmati kopi. Banyak orang melakukan hal itu untuk mengisi waktu luangnya.

Kemudian omset anda bisa dinaikan lagi dengan menambahkan barang yang dijual. Anda bisa menambahkan dagangan lain seperti mie instan, gorengan, dan beberapa makanan lain untuk menemani kopi. Tentunya ini akan membuat usaha Anda bisa menghasilkan omset besar.

2. Bisnis Katering

Perilaku orang saat ini lebih memilih mengunakan jasa katering untuk kebutuhan makan mereka. Salah satu alasannya karena kesibukan mereka yang tidak sempat memasak makanan ataupun membeli makanan.

Jika Anda ingin mencoba usaha ini, ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti makanan harus sehat, tempat makannya bersih dan tentunya soal harga. Biasanya pelanggan akan memesan katering untuk satu bulan langsung, jadi Anda harus siap untuk itu.

Anda bisa mematok harga Rp. 20.000 per-porsinya, dalam sebulan Anda akan mendapatkan omset Rp. 600.000. Itu hanya dari satu pelanggan saja, jika pelanggan semakin banyak biaya produksi Anda akan semakin kecil dan untung Anda akan semakin besar.

3. Bisnis Kuliner Siomay

Makanan murah meriah dengan rasa lezat ini hampir sebagian besar orang suka. Usaha siomay cukup menjanjikan mengingat pasarnya yang luas. Anda bisa berjualan keliling ataupun menyewa suatu tempat usaha.

Untuk harganya sendiri harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan, jika berjualan untuk anak sekolah, Anda bisa mematok harga Rp. 1000 per buahnya. Lain lagi Anda berjualan di lingkungan luar sekolah, harga Rp. 1500 – Rp. 2000 per buah menjadi harga yang wajar.

Untuk menunjukan identitas siomay yang dijual, Anda bisa menambahkan merk sebagai cara untuk promosi. Bukan tidak mungkin usaha Anda akan berkembang dan nantinya Anda akan memiliki banyak karyawan.

4. Bisnis Kuliner Gorengan Pedas

Di Indonesia sendiri, makanan yang di goreng selalu menjadi favorit, apalagi untuk rasa yang pedas. Saat ini memang banyak pedagang yang menjual gorengan dengan rasa itu-itu saja. Padahal prospek gorengan dengan cita rasa pedas akan banyak diburu oleh pecinta gorengan.

Ini juga akan meningkatkan nilai jual dari gorengan tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dari ini. Gorengan pedas biasanya dijual mulai dari Rp. 1500 hingga Rp. 2500 per potongnya. Jika dalam sehari mampu menjual 150 potong, Anda bisa mendapatkan omset sebesar Rp. 375.000. Jadi dalam sebulan, usaha kecil ini dapat menghasilkan omset sebesar Rp. 11.250.000. Angka tersebut terbilang sangat besar untuk usaha yang sering dianggap remeh ini.

5. Bisnis Waralaba

Anda hanya punya modal terbatas untuk membuat usaha sendiri?

Anda juga tidak memiliki sumberdaya yang cukup untuk membuat konsep bisnis yang baik, konsep promosi yang menggiurkan, dan bagaimana mengembangkan sebuah usaha baru Anda? Jika benar, maka Anda bisa memulai bisnis dengan konsep waralaba.

Konsep waralaba atau franchise dapat dilakukan dengan cukup mengikuti segala aturan yang diterapkan oleh pemilik waralaba, mulai dari inovasi produk sampai dengan konsep pemasaran.

6. Bisnis Menjual Sembako

Bisnis kelontongan menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Hal yang paling utama dalam bisnis ini memiliki supplier yang tepat.

Anda bisa mulai mencari tempat pendistributoran. Setelah Anda mendapatkan supplier yang tepat, Anda bisa mulai membuka toko kelontong di tempat yang strategis, misalnya di komplek sekitar rumah anda atau di pasar.

Jadikan Pembukuan Menjadi Kebiasaan dalam Bisnis Anda

Membangun bisnis yang menguntungkan juga dibutuhkan perencanaan matang dan pengaturan keuangan yang baik. Tanpa pengaturan keuangan dan pembukuan, semua bisnis tidak akan dapat berkembang dengan terencana. Jika bisnis Anda sudah berkembang dan mempunyai banyak transaksi dan stok yang beraneka jenis, disarankan untuk Anda memakai software akuntansi.

Pilihlah software akuntansi online yang bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Hal ini untuk memudahkan Anda memantau stok dan transaksi dengan lebih efisien. Software akuntansi online juga memiliki harga dan fitur yang lebih baik daripada software desktop, contohnya adalah Accurate Online.

Accurate Online adalah software akutnansi berbasis cloud yang telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dan terus bertambah hingga hari ini. Memiliki fitur terlengkap dan harga yang terbaik menjadikan Accurate Online sebagai software akuntansi terbaik dalam ajang Top Brand Award selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Accuate Online secara gratis selama 30 hari dengan cara Klik Disini.